Materi Pelajaran Informatika Kelas 4 SD: Penulisan Algoritma dan Konsep Dasar Pemrograman (Lengkap dengan contoh soal) Bab 6 Semester 2
A. Kompetensi Dasar (KD):
Peserta didik diharapkan mampu:
- Menjelaskan dan menuliskan kegiatan sehari-hari secara runtut dan logis.
- Memahami konsep algoritma, baik dalam bentuk kalimat maupun flowchart.
- Mengidentifikasi dan menuliskan konsep pemrograman sederhana seperti kondisional dan pengulangan (loop).
1. Menjelaskan dan Menuliskan Kegiatan Sehari-Hari Secara Runtut dan Logis (KD 6.1)
Materi:
Algoritma adalah langkah-langkah sistematis dan logis yang dilakukan untuk menyelesaikan suatu tugas atau masalah. Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menggunakan algoritma, misalnya ketika memasak atau membersihkan rumah.
Contoh Algoritma:
Langkah-langkah mencuci tangan:
- Basahi tangan dengan air bersih.
- Oleskan sabun ke telapak tangan.
- Gosok tangan hingga bersih selama 20 detik.
- Bilas dengan air bersih.
- Keringkan tangan menggunakan handuk atau tisu.
Soal:
Tuliskan langkah-langkah untuk menyikat gigi secara runtut dan logis.
Kunci Jawaban:
- Ambil sikat gigi dan pasta gigi.
- Oleskan pasta gigi pada sikat gigi.
- Basahi sikat gigi dengan sedikit air.
- Gosok gigi selama 2 menit.
- Bilas mulut dengan air bersih.
- Bilas sikat gigi dan simpan kembali.
2. Mengidentifikasi Penulisan Algoritma dalam Bentuk Kalimat (KD 6.2)
Materi:
Algoritma dapat ditulis dalam bentuk deskripsi kalimat yang menjelaskan langkah-langkah secara detail.
Contoh:
Masalah: Menyalakan televisi.
Algoritma:
- Pastikan televisi terhubung dengan sumber listrik.
- Tekan tombol daya pada remote atau televisi.
- Pilih saluran yang ingin ditonton.
Soal:
Tuliskan algoritma sederhana untuk menyalakan kipas angin.
Kunci Jawaban:
- Hubungkan kipas angin dengan sumber listrik.
- Tekan tombol daya pada kipas angin.
- Atur kecepatan kipas sesuai keinginan.
3. Mengidentifikasi Penulisan Algoritma dalam Bentuk Flowchart (KD 6.3)
Materi:
Flowchart adalah diagram yang menunjukkan langkah-langkah algoritma menggunakan simbol-simbol tertentu:
- Oval: Mulai atau Selesai.
- Persegi panjang: Proses.
- Belah ketupat: Keputusan.
Contoh Flowchart: Menyalakan Komputer
- Mulai (Oval).
- Tekan tombol daya pada CPU (Persegi panjang).
- Apakah komputer menyala? (Belah ketupat):
- Jika Ya: Lanjut ke langkah berikutnya.
- Jika Tidak: Periksa sumber listrik.
- Komputer siap digunakan (Persegi panjang).
- Selesai (Oval).
4. Menuliskan Algoritma dalam Bentuk Kalimat (KD 6.4)
Materi:
Algoritma yang ditulis dalam bentuk kalimat harus jelas, sistematis, dan mudah dipahami.
Contoh:
Masalah: Membuat segelas teh.
Algoritma:
- Siapkan gelas, gula, teh celup, dan air panas.
- Masukkan teh celup ke dalam gelas.
- Tuang air panas ke dalam gelas.
- Tambahkan gula sesuai selera.
- Aduk hingga gula larut.
- Teh siap diminum.
Soal:
Tuliskan algoritma untuk membuat jus buah.
Kunci Jawaban:
- Siapkan blender, buah, gula, dan air.
- Kupas dan potong buah menjadi bagian kecil.
- Masukkan buah, gula, dan air ke dalam blender.
- Nyalakan blender dan tunggu hingga halus.
- Tuang jus ke dalam gelas.
- Jus buah siap disajikan.
5. Menuliskan Algoritma dalam Bentuk Flowchart (KD 6.5)
Materi:
Flowchart menggunakan simbol-simbol untuk menggambarkan proses algoritma.
Soal:
Gambar flowchart untuk menentukan apakah sebuah bilangan genap atau ganjil.
Kunci Jawaban:
Langkah:
- Mulai (Oval).
- Masukkan angka (Persegi panjang).
- Apakah angka habis dibagi 2? (Belah ketupat):
- Jika Ya: Tampilkan "Bilangan Genap".
- Jika Tidak: Tampilkan "Bilangan Ganjil".
- Selesai (Oval).
6. Mengidentifikasi Kalimat Pemrograman Seperti Kondisional dan Pengulangan (KD 6.6)
Materi:
- Kondisional (If-Else): Digunakan untuk membuat keputusan berdasarkan kondisi tertentu.Contoh:
- Jika hujan, bawa payung.
- Jika tidak hujan, tidak perlu bawa payung.
- Pengulangan (Loop): Digunakan untuk melakukan proses secara berulang.Contoh:
- Ulangi menyapu lantai hingga semua ruangan bersih.
Soal:
- Tuliskan satu contoh kalimat kondisional.
- Tuliskan satu contoh pengulangan.
Kunci Jawaban:
- Kondisional: Jika lampu merah, maka berhenti.
- Pengulangan: Ulangi latihan lari hingga mencapai 3 putaran.
7. Menuliskan Kejadian atau Pengalaman dalam Bentuk Kondisional (KD 6.7)
Materi:
Kejadian atau pengalaman dapat ditulis dalam bentuk kondisi tertentu.
Contoh:
Masalah: Menentukan pakaian yang akan dipakai.
Kondisi:
- Jika cuaca panas, pakai baju tipis.
- Jika cuaca dingin, pakai jaket.
Soal:
Tuliskan kejadian memilih makanan dengan kondisi tertentu.
Kunci Jawaban:
- Jika merasa lapar berat, makan nasi dan lauk.
- Jika tidak terlalu lapar, makan camilan.
8. Menerapkan Penggunaan Kondisional dan Pengulangan (KD 6.8)
Materi:
- Kondisional: Memutuskan tindakan berdasarkan kondisi tertentu.
- Pengulangan: Melakukan aktivitas hingga kondisi tertentu tercapai.
Contoh Soal:
- Tuliskan algoritma untuk menentukan apakah siswa boleh bermain berdasarkan tugas sekolah.
- Tuliskan pengulangan untuk latihan senam pagi.
Kunci Jawaban:
Algoritma:
- Jika tugas sekolah selesai, siswa boleh bermain.
- Jika tugas sekolah belum selesai, siswa harus menyelesaikan tugas terlebih dahulu.
Pengulangan:
- Lakukan peregangan selama 10 detik.
- Lakukan 10 kali lompat kecil.
- Ulangi langkah ini hingga selesai 3 putaran.
Latihan Soal Pilihan Ganda
- Apa yang dimaksud dengan algoritma?a. Proses menggambar.b. Langkah-langkah sistematis untuk menyelesaikan masalah.c. Alat untuk memasak.d. Nama aplikasi komputer.
- Jika lampu padam, apa yang harus dilakukan?a. Menyalakan televisi.b. Menyalakan lilin atau senter.c. Membuka pintu rumah.d. Menyalakan kipas angin.
Kunci Jawaban:
- b. Langkah-langkah sistematis untuk menyelesaikan masalah.
- b. Menyalakan lilin atau senter.
Dengan pemahaman ini, peserta didik diharapkan mampu menuliskan algoritma secara runtut, memahami flowchart, dan mengenali konsep kondisional serta pengulangan untuk menyelesaikan berbagai masalah sederhana.
Leave a Comment