Materi Pelajaran Informatika Kelas 4 SD: Penulisan Algoritma dan Konsep Dasar Pemrograman (Lengkap dengan contoh soal) Bab 6 Semester 2

 


A. Kompetensi Dasar (KD):

Peserta didik diharapkan mampu:

  1. Menjelaskan dan menuliskan kegiatan sehari-hari secara runtut dan logis.
  2. Memahami konsep algoritma, baik dalam bentuk kalimat maupun flowchart.
  3. Mengidentifikasi dan menuliskan konsep pemrograman sederhana seperti kondisional dan pengulangan (loop).

1. Menjelaskan dan Menuliskan Kegiatan Sehari-Hari Secara Runtut dan Logis (KD 6.1)

Materi:
Algoritma adalah langkah-langkah sistematis dan logis yang dilakukan untuk menyelesaikan suatu tugas atau masalah. Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menggunakan algoritma, misalnya ketika memasak atau membersihkan rumah.

Contoh Algoritma:
Langkah-langkah mencuci tangan:

  1. Basahi tangan dengan air bersih.
  2. Oleskan sabun ke telapak tangan.
  3. Gosok tangan hingga bersih selama 20 detik.
  4. Bilas dengan air bersih.
  5. Keringkan tangan menggunakan handuk atau tisu.

Soal:
Tuliskan langkah-langkah untuk menyikat gigi secara runtut dan logis.

Kunci Jawaban:

  1. Ambil sikat gigi dan pasta gigi.
  2. Oleskan pasta gigi pada sikat gigi.
  3. Basahi sikat gigi dengan sedikit air.
  4. Gosok gigi selama 2 menit.
  5. Bilas mulut dengan air bersih.
  6. Bilas sikat gigi dan simpan kembali.

2. Mengidentifikasi Penulisan Algoritma dalam Bentuk Kalimat (KD 6.2)

Materi:
Algoritma dapat ditulis dalam bentuk deskripsi kalimat yang menjelaskan langkah-langkah secara detail.

Contoh:
Masalah: Menyalakan televisi.
Algoritma:

  1. Pastikan televisi terhubung dengan sumber listrik.
  2. Tekan tombol daya pada remote atau televisi.
  3. Pilih saluran yang ingin ditonton.

Soal:
Tuliskan algoritma sederhana untuk menyalakan kipas angin.

Kunci Jawaban:

  1. Hubungkan kipas angin dengan sumber listrik.
  2. Tekan tombol daya pada kipas angin.
  3. Atur kecepatan kipas sesuai keinginan.

3. Mengidentifikasi Penulisan Algoritma dalam Bentuk Flowchart (KD 6.3)

Materi:
Flowchart adalah diagram yang menunjukkan langkah-langkah algoritma menggunakan simbol-simbol tertentu:

  • Oval: Mulai atau Selesai.
  • Persegi panjang: Proses.
  • Belah ketupat: Keputusan.

Contoh Flowchart: Menyalakan Komputer

  1. Mulai (Oval).
  2. Tekan tombol daya pada CPU (Persegi panjang).
  3. Apakah komputer menyala? (Belah ketupat):
    • Jika Ya: Lanjut ke langkah berikutnya.
    • Jika Tidak: Periksa sumber listrik.
  4. Komputer siap digunakan (Persegi panjang).
  5. Selesai (Oval).

4. Menuliskan Algoritma dalam Bentuk Kalimat (KD 6.4)

Materi:
Algoritma yang ditulis dalam bentuk kalimat harus jelas, sistematis, dan mudah dipahami.

Contoh:
Masalah: Membuat segelas teh.
Algoritma:

  1. Siapkan gelas, gula, teh celup, dan air panas.
  2. Masukkan teh celup ke dalam gelas.
  3. Tuang air panas ke dalam gelas.
  4. Tambahkan gula sesuai selera.
  5. Aduk hingga gula larut.
  6. Teh siap diminum.

Soal:
Tuliskan algoritma untuk membuat jus buah.

Kunci Jawaban:

  1. Siapkan blender, buah, gula, dan air.
  2. Kupas dan potong buah menjadi bagian kecil.
  3. Masukkan buah, gula, dan air ke dalam blender.
  4. Nyalakan blender dan tunggu hingga halus.
  5. Tuang jus ke dalam gelas.
  6. Jus buah siap disajikan.

5. Menuliskan Algoritma dalam Bentuk Flowchart (KD 6.5)

Materi:
Flowchart menggunakan simbol-simbol untuk menggambarkan proses algoritma.

Soal:
Gambar flowchart untuk menentukan apakah sebuah bilangan genap atau ganjil.

Kunci Jawaban:
Langkah:

  1. Mulai (Oval).
  2. Masukkan angka (Persegi panjang).
  3. Apakah angka habis dibagi 2? (Belah ketupat):
    • Jika Ya: Tampilkan "Bilangan Genap".
    • Jika Tidak: Tampilkan "Bilangan Ganjil".
  4. Selesai (Oval).

6. Mengidentifikasi Kalimat Pemrograman Seperti Kondisional dan Pengulangan (KD 6.6)

Materi:

  1. Kondisional (If-Else): Digunakan untuk membuat keputusan berdasarkan kondisi tertentu.
    Contoh:

    • Jika hujan, bawa payung.
    • Jika tidak hujan, tidak perlu bawa payung.
  2. Pengulangan (Loop): Digunakan untuk melakukan proses secara berulang.
    Contoh:

    • Ulangi menyapu lantai hingga semua ruangan bersih.

Soal:

  1. Tuliskan satu contoh kalimat kondisional.
  2. Tuliskan satu contoh pengulangan.

Kunci Jawaban:

  1. Kondisional: Jika lampu merah, maka berhenti.
  2. Pengulangan: Ulangi latihan lari hingga mencapai 3 putaran.

7. Menuliskan Kejadian atau Pengalaman dalam Bentuk Kondisional (KD 6.7)

Materi:
Kejadian atau pengalaman dapat ditulis dalam bentuk kondisi tertentu.

Contoh:
Masalah: Menentukan pakaian yang akan dipakai.
Kondisi:

  • Jika cuaca panas, pakai baju tipis.
  • Jika cuaca dingin, pakai jaket.

Soal:
Tuliskan kejadian memilih makanan dengan kondisi tertentu.

Kunci Jawaban:

  • Jika merasa lapar berat, makan nasi dan lauk.
  • Jika tidak terlalu lapar, makan camilan.

8. Menerapkan Penggunaan Kondisional dan Pengulangan (KD 6.8)

Materi:

  1. Kondisional: Memutuskan tindakan berdasarkan kondisi tertentu.
  2. Pengulangan: Melakukan aktivitas hingga kondisi tertentu tercapai.

Contoh Soal:

  1. Tuliskan algoritma untuk menentukan apakah siswa boleh bermain berdasarkan tugas sekolah.
  2. Tuliskan pengulangan untuk latihan senam pagi.

Kunci Jawaban:

  1. Algoritma:

    • Jika tugas sekolah selesai, siswa boleh bermain.
    • Jika tugas sekolah belum selesai, siswa harus menyelesaikan tugas terlebih dahulu.
  2. Pengulangan:

    • Lakukan peregangan selama 10 detik.
    • Lakukan 10 kali lompat kecil.
    • Ulangi langkah ini hingga selesai 3 putaran.

Latihan Soal Pilihan Ganda

  1. Apa yang dimaksud dengan algoritma?
    a. Proses menggambar.
    b. Langkah-langkah sistematis untuk menyelesaikan masalah.
    c. Alat untuk memasak.
    d. Nama aplikasi komputer.

  2. Jika lampu padam, apa yang harus dilakukan?
    a. Menyalakan televisi.
    b. Menyalakan lilin atau senter.
    c. Membuka pintu rumah.
    d. Menyalakan kipas angin.

Kunci Jawaban:

  1. b. Langkah-langkah sistematis untuk menyelesaikan masalah.
  2. b. Menyalakan lilin atau senter.

Dengan pemahaman ini, peserta didik diharapkan mampu menuliskan algoritma secara runtut, memahami flowchart, dan mengenali konsep kondisional serta pengulangan untuk menyelesaikan berbagai masalah sederhana.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.