Materi Pelajaran Informatika Kelas 5 SD: Praktik Lintas Bidang (Lengkap dengan contoh soal) Bab 8 Semester 2

 


Materi Pelajaran Informatika Kelas 5 SD: Praktik Lintas Bidang


Kompetensi Dasar (KD):

Peserta didik diharapkan mampu:
8.1. Menjelaskan proses desain.
8.2. Menjelaskan tahap-tahap dalam proses desain.
8.3. Membuat rancangan karya untuk menyelesaikan masalah sehari-hari.
8.4. Menyajikan hasil rancangan karya yang telah dibuat.


1. Menjelaskan Proses Desain (KD 8.1)

Materi:
Proses desain adalah langkah-langkah yang dilakukan untuk menciptakan sebuah solusi atau karya yang dapat menyelesaikan masalah. Proses desain bertujuan untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dan sesuai kebutuhan.

Langkah utama dalam proses desain:

  1. Identifikasi Masalah: Menentukan masalah yang ingin diselesaikan.
  2. Riset dan Analisis: Mengumpulkan informasi untuk memahami masalah dengan lebih baik.
  3. Ide dan Konsep: Mencari solusi dengan brainstorming atau membuat sketsa ide.
  4. Pembuatan Rancangan: Membuat rancangan awal berdasarkan ide yang telah dipilih.
  5. Pengujian: Mengevaluasi rancangan dan melihat apakah ada kekurangan.
  6. Perbaikan: Memperbaiki kekurangan agar hasil lebih baik.
  7. Hasil Akhir: Menyelesaikan dan menyajikan rancangan.

2. Menjelaskan Tahap-Tahap dalam Proses Desain (KD 8.2)

Materi:
Tahap-tahap desain melibatkan langkah-langkah berikut:

  1. Mengamati Masalah (Observasi): Melihat dan memahami masalah di lingkungan sekitar.
    • Contoh: Di sekolah, murid sering lupa membawa botol minum.
  2. Menggali Ide Solusi: Memikirkan ide yang dapat menyelesaikan masalah.
    • Contoh: Membuat pengingat digital untuk murid agar membawa botol minum.
  3. Membuat Rancangan (Sketch): Menggambar rancangan atau prototipe dari ide yang dihasilkan.
    • Contoh: Sketsa pengingat berupa poster atau aplikasi.
  4. Menguji Rancangan: Menguji apakah rancangan dapat digunakan dengan baik.
  5. Menyempurnakan Hasil: Memperbaiki kelemahan rancangan berdasarkan pengujian.

3. Membuat Rancangan Karya untuk Menyelesaikan Masalah Sehari-hari (KD 8.3)

Materi:

  • Rancangan karya adalah solusi yang dibuat untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi sehari-hari.
  • Contoh Masalah: Murid kesulitan mengingat jadwal pelajaran.
  • Rancangan Solusi:
    • Membuat poster jadwal pelajaran berwarna-warni untuk ditempel di meja belajar.
    • Membuat aplikasi pengingat jadwal pelajaran di handphone.

Langkah Membuat Rancangan:

  1. Tentukan masalah.
  2. Pilih solusi yang akan dibuat.
  3. Gambarkan sketsa rancangan.
  4. Uji sketsa atau prototipe dengan teman-teman atau keluarga.

4. Menyajikan Hasil Rancangan Karya (KD 8.4)

Materi:
Menyajikan hasil rancangan adalah proses menjelaskan dan memamerkan karya yang telah dibuat kepada orang lain. Penyajian harus jelas, runtut, dan menarik perhatian.

Cara menyajikan hasil karya:

  1. Jelaskan masalah yang ingin diselesaikan.
  2. Tunjukkan rancangan yang telah dibuat.
  3. Jelaskan cara kerja rancangan.
  4. Jelaskan manfaat rancangan tersebut.

Contoh:

  • Masalah: Anak-anak sering lupa mematikan lampu setelah keluar ruangan.
  • Solusi: Rancangan lampu otomatis berbasis sensor gerak.
  • Cara Menyajikan:
    • Tunjukkan sketsa lampu otomatis.
    • Jelaskan cara kerjanya (lampu menyala saat ada gerakan, mati saat tidak ada gerakan).
    • Jelaskan manfaatnya (hemat listrik dan ramah lingkungan).

Contoh Soal dan Kunci Jawaban

Soal Esai:

  1. Jelaskan apa itu proses desain!
  2. Sebutkan langkah-langkah utama dalam proses desain!
  3. Buatlah rancangan karya untuk menyelesaikan masalah sehari-hari di sekolah, dan jelaskan cara kerjanya!

Kunci Jawaban:

  1. Proses desain adalah langkah-langkah untuk menciptakan solusi atau karya yang dapat menyelesaikan masalah.
  2. Langkah-langkah utama dalam proses desain:
    • Identifikasi masalah.
    • Riset dan analisis.
    • Ide dan konsep.
    • Pembuatan rancangan.
    • Pengujian.
    • Perbaikan.
    • Hasil akhir.
  3. Rancangan Karya:
    • Masalah: Murid sering lupa membawa alat tulis.
    • Solusi: Membuat kotak alat tulis kecil yang bisa diletakkan di tas sekolah.
    • Cara kerja: Kotak alat tulis ini berisi kompartemen untuk pensil, penghapus, dan penggaris sehingga murid tidak akan lupa membawanya.

Soal Pilihan Ganda:

  1. Apa langkah pertama dalam proses desain?
    a. Membuat rancangan
    b. Menguji rancangan
    c. Mengidentifikasi masalah
    d. Menyempurnakan rancangan

  2. Salah satu cara menyajikan hasil rancangan adalah:
    a. Menyembunyikan kekurangan karya.
    b. Menjelaskan manfaat rancangan.
    c. Tidak menjelaskan cara kerja rancangan.
    d. Membuat rancangan tanpa pengujian.

Kunci Jawaban Pilihan Ganda:

  1. c. Mengidentifikasi masalah
  2. b. Menjelaskan manfaat rancangan

Kesimpulan:

Materi ini mengajarkan peserta didik untuk berpikir kreatif dan solutif dalam menghadapi masalah sehari-hari. Mereka belajar bagaimana merancang solusi, menyempurnakan rancangan, dan menyajikan hasil karya dengan baik. Hal ini penting untuk membangun kemampuan berpikir kritis dan inovatif sejak dini.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.