Materi Pelajaran Informatika Kelas 5 SD: Praktik Lintas Bidang (Lengkap dengan contoh soal) Bab 8 Semester 2
Materi Pelajaran Informatika Kelas 5 SD: Praktik Lintas Bidang
Kompetensi Dasar (KD):
Peserta didik diharapkan mampu:
8.1. Menjelaskan proses desain.
8.2. Menjelaskan tahap-tahap dalam proses desain.
8.3. Membuat rancangan karya untuk menyelesaikan masalah sehari-hari.
8.4. Menyajikan hasil rancangan karya yang telah dibuat.
1. Menjelaskan Proses Desain (KD 8.1)
Materi:
Proses desain adalah langkah-langkah yang dilakukan untuk menciptakan sebuah solusi atau karya yang dapat menyelesaikan masalah. Proses desain bertujuan untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dan sesuai kebutuhan.
Langkah utama dalam proses desain:
- Identifikasi Masalah: Menentukan masalah yang ingin diselesaikan.
- Riset dan Analisis: Mengumpulkan informasi untuk memahami masalah dengan lebih baik.
- Ide dan Konsep: Mencari solusi dengan brainstorming atau membuat sketsa ide.
- Pembuatan Rancangan: Membuat rancangan awal berdasarkan ide yang telah dipilih.
- Pengujian: Mengevaluasi rancangan dan melihat apakah ada kekurangan.
- Perbaikan: Memperbaiki kekurangan agar hasil lebih baik.
- Hasil Akhir: Menyelesaikan dan menyajikan rancangan.
2. Menjelaskan Tahap-Tahap dalam Proses Desain (KD 8.2)
Materi:
Tahap-tahap desain melibatkan langkah-langkah berikut:
- Mengamati Masalah (Observasi): Melihat dan memahami masalah di lingkungan sekitar.
- Contoh: Di sekolah, murid sering lupa membawa botol minum.
- Menggali Ide Solusi: Memikirkan ide yang dapat menyelesaikan masalah.
- Contoh: Membuat pengingat digital untuk murid agar membawa botol minum.
- Membuat Rancangan (Sketch): Menggambar rancangan atau prototipe dari ide yang dihasilkan.
- Contoh: Sketsa pengingat berupa poster atau aplikasi.
- Menguji Rancangan: Menguji apakah rancangan dapat digunakan dengan baik.
- Menyempurnakan Hasil: Memperbaiki kelemahan rancangan berdasarkan pengujian.
3. Membuat Rancangan Karya untuk Menyelesaikan Masalah Sehari-hari (KD 8.3)
Materi:
- Rancangan karya adalah solusi yang dibuat untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi sehari-hari.
- Contoh Masalah: Murid kesulitan mengingat jadwal pelajaran.
- Rancangan Solusi:
- Membuat poster jadwal pelajaran berwarna-warni untuk ditempel di meja belajar.
- Membuat aplikasi pengingat jadwal pelajaran di handphone.
Langkah Membuat Rancangan:
- Tentukan masalah.
- Pilih solusi yang akan dibuat.
- Gambarkan sketsa rancangan.
- Uji sketsa atau prototipe dengan teman-teman atau keluarga.
4. Menyajikan Hasil Rancangan Karya (KD 8.4)
Materi:
Menyajikan hasil rancangan adalah proses menjelaskan dan memamerkan karya yang telah dibuat kepada orang lain. Penyajian harus jelas, runtut, dan menarik perhatian.
Cara menyajikan hasil karya:
- Jelaskan masalah yang ingin diselesaikan.
- Tunjukkan rancangan yang telah dibuat.
- Jelaskan cara kerja rancangan.
- Jelaskan manfaat rancangan tersebut.
Contoh:
- Masalah: Anak-anak sering lupa mematikan lampu setelah keluar ruangan.
- Solusi: Rancangan lampu otomatis berbasis sensor gerak.
- Cara Menyajikan:
- Tunjukkan sketsa lampu otomatis.
- Jelaskan cara kerjanya (lampu menyala saat ada gerakan, mati saat tidak ada gerakan).
- Jelaskan manfaatnya (hemat listrik dan ramah lingkungan).
Contoh Soal dan Kunci Jawaban
Soal Esai:
- Jelaskan apa itu proses desain!
- Sebutkan langkah-langkah utama dalam proses desain!
- Buatlah rancangan karya untuk menyelesaikan masalah sehari-hari di sekolah, dan jelaskan cara kerjanya!
Kunci Jawaban:
- Proses desain adalah langkah-langkah untuk menciptakan solusi atau karya yang dapat menyelesaikan masalah.
- Langkah-langkah utama dalam proses desain:
- Identifikasi masalah.
- Riset dan analisis.
- Ide dan konsep.
- Pembuatan rancangan.
- Pengujian.
- Perbaikan.
- Hasil akhir.
- Rancangan Karya:
- Masalah: Murid sering lupa membawa alat tulis.
- Solusi: Membuat kotak alat tulis kecil yang bisa diletakkan di tas sekolah.
- Cara kerja: Kotak alat tulis ini berisi kompartemen untuk pensil, penghapus, dan penggaris sehingga murid tidak akan lupa membawanya.
Soal Pilihan Ganda:
-
Apa langkah pertama dalam proses desain?a. Membuat rancanganb. Menguji rancanganc. Mengidentifikasi masalahd. Menyempurnakan rancangan
-
Salah satu cara menyajikan hasil rancangan adalah:a. Menyembunyikan kekurangan karya.b. Menjelaskan manfaat rancangan.c. Tidak menjelaskan cara kerja rancangan.d. Membuat rancangan tanpa pengujian.
Kunci Jawaban Pilihan Ganda:
- c. Mengidentifikasi masalah
- b. Menjelaskan manfaat rancangan
Kesimpulan:
Materi ini mengajarkan peserta didik untuk berpikir kreatif dan solutif dalam menghadapi masalah sehari-hari. Mereka belajar bagaimana merancang solusi, menyempurnakan rancangan, dan menyajikan hasil karya dengan baik. Hal ini penting untuk membangun kemampuan berpikir kritis dan inovatif sejak dini.
Leave a Comment