KULIAH TERAKHIR



Kuliah Terakhir sama Om Jay, sapaan akrab Wijaya Kusuma


Hari ini musti kuacungkan dua jempolku buat Sekolah Guru Indonesia Dompet Dhuafa (SGI-DD) d^_^b. Bagaimana tidak coba, Kamis tadi merupakan kuliah terakhir yang dianugrahkan untukku dan pelajaran yang teramat sangat berharga buatku. Pasalnya materi kuliah hari ini berkaitan dengan tugasku di SGI ini yakni menyelesaikan PTK. PTK itu singkatan dari Penelitian Tindakan Kelas. Ilmu ini belum pernah kudapati sebelumnya yang berarti ilmu baru dalam hidupku. Tidak hanya itu, perkuliahan “Mengenal Penelitian Tindakan Kelas” yang disajikan langsung disampaikan oleh penulis bukunya sendiri, bapak Wijaya Kusuma. Hati siapa yang tidak akan bangga kalo langsung diajar oleh pakar yang ahli dibidangnya? Ditambah lagi oleh penulis karya yang slama ini Cuma dinikmati bacaannya? Wah... keren abiz dech :D

Inilah sedikit ilmu yang berhasil kuraup dari Om Jay hari ini. Simak yah... :)



MENGENAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)

Alasan guru takut melakukan PTK:
1.      Guru kurang memahami profesi guru
2.      Guru malas membaca
3.      Guru malas menulis
4.      Guru kurang sensitif terhadap waktu
5.      Guru terjebak kedalam rutinitas kerja
6.      Guru kurang kreatif dan inovatif
7.      Guru malas meneliti
8.      Guru kurang memahami PTK

Hakikat PTK
a.       Menurut Carr dan Kemmis (1986):
Ø  Praktik-praktik sosial atau pendidikan yang dilakukan sendiri
Ø  Pengertian mengenai praktik-praktik tersebut
Ø  Situasi-situasi dimana praktik-praktik tersebut dilaksanakan

b.      Menurut McNiff (1992)
PTK adalah bentuk penelitian reflektif yang dilakukan oleh guru sendiri yang hasilnya dapat dimanfaatkan sebagai alat untuk pengembangan keahlian mengajar. PTK merupakan penelitian tentang, untuk dan oleh masyarakat. Kelompok sasaran dengan memanfaatkan intraksi, partisipasi dan kolaborasi antara peneliti dan kelompok sasaran.

Definisi PTK
PTK adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya dengan cara merencanakan, melaksanakan dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partsipatif dengan tujuan memperbaiki kinerjanya sebagai guru sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat.

Penelitian Tindakan VS Penelitian Formal
Penelitian tindakan berbeda dari penelitian formal. Penelitian formal bertujuan menguji hipotesa dan membangun teori yang bersifat umum (general). Penelitian tindakan lebih bertujuan memperbaiki kinerja, sifatnya konstektual dan hasilnya tidak untuk digeneralisasi.

Prinsip dasar PTK
1.      Berkelanjutan
2.      Integral
3.      Ilmiah
4.      Motivasi dari dalam
5.      Lingkup masalah tidak dibatasi

Peran guru dalam PTK
Dalam PTK guru harus bertindak sebagai pengajar sekaligus peneliti. Fokus penelitian berupa kegiatan pembelajaran. Guru merupakan orang yang paling akrab dengan siswa dikelasnya dan biasanya interaksi  yang terjadi antara guru dan siswa berlangsung secara unik. Guru mempunyai hak otonomi untuk menilai sendiri kinerjanya. Metode paling utama adalah merefleksikan diri dengan tetap mengikuti kaidah-kaidah penelitian yang sudah baku dan bukan tradisional.

Manfaat PTK
1.      Membantu guru memperbaiki mutu pembelajaran
2.      Meningkatkan profesionalitas guru
3.      Meningkatkan rasa percaya diri guru
4.      Guru dapat mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya secara aktif.
5.      Menumbuhkan kebiasaan menulis
6.      Menumbuhkan budaya meneliti
7.      Menggali ide baru
8.      Melatih pemikiran ilmiah
9.      Mengembangkan kualitas pembelajaran kelas
1.  Mengembangkan keterampilan

Keunggulan PTK
1.      Praktis dan relevan
2.      Kerangka kerjanya teratur
3.      Observasi dan objektif
4.      Fleksibel dan adaptif
5.      Inovasi pembelajaran
6.      Pengembangan kurikulum
7.      Meningkatkan profesionalisme

Tahapan perencanaan PTK
1.      Perencanaan
2.      Tindakan
3.      Pengamatan
4.      Refleksi

Langkah-langkah PTK
1.      Adanya ide awal
2.      Prasurvei/temuan awal
3.      Diagnosa
4.      Perencanaan
5.      Implementasi tindakan
6.      Pengamatan
7.      Refleksi
8.      Membuat laporan

Rambu-rambu penilaian proposal PTK:
a.       Permasalahan
b.      Kemampuan menyelesaikan masalah
c.       Kemampuan hasil
d.      Prosedur penelitian
e.       Program kegiatan dan dukungan teknis
f.        Kerjasama antara LPTK dan sekolah
g.       Pembiayaan penelitian

Format PTK dari Depdiknas
1.      Judul penelitian
Ø  Komunikatif dan mudah dipahami.
Ø  Membuat variabel penelitian
Ø  Menjawab apa yang ingin ditingkatkan
Ø  Bagaimana cara mencapai apa yang ingin ditingkatkan
Ø  Sasaran dan lokasi tercermin dalam judul
Ø  Banyak kata sekitar 15-20 kata

2.      Bidang ilmu
3.      Pendahuluan
4.      Perumusan masalah
5.      Cara pemecahan masalah
6.      Tinjauan pustaka
7.      Tujuan penelitian
8.      Kontribusi hasil penelitian
9.      Metode penelitian
1.  Jadwal penelitian
11.  Personalia penelitian
12.  Lampiran


Validitas Penelitian
1.      Validasi diri sendiri
2.      Validasi oleh teman
3.      Validasi oleh siswa

Faktor penentu keberhasilan PTK
1.      Rencana
2.      Tindakan
3.      Observasi
4.      Refleksi

Syarat keberhasilan PTK
1.      Tekad, komitmen dan dedikasi
2.      Tanggung jawab guru dan teman sejawat
3.      Tindakan berdasar pengetahuan
4.      Situasi dapat diubah
5.      Pengajuan pertanyaan
6.      Pemantauan sistematik
7.      Penjabaran tindakan
8.      Penjelasan tindakan
9.      Penyajian laporan hasil PTK

1.  Validasi pernyataan keberhasilan PTK
11.  Pemahaman prosedur PTK
12.  Penulisan karya tulis mengenai PTK
 
Berharap moga ilmu ini berkah. Amien... Syukron jazakallah SGI-DD.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.