KULIAH TERAKHIR
Kuliah Terakhir sama Om Jay, sapaan akrab Wijaya Kusuma |
Hari ini musti kuacungkan dua jempolku buat Sekolah
Guru Indonesia Dompet Dhuafa (SGI-DD) d^_^b. Bagaimana tidak coba, Kamis tadi
merupakan kuliah terakhir yang dianugrahkan untukku dan pelajaran yang teramat
sangat berharga buatku. Pasalnya materi kuliah hari ini berkaitan dengan
tugasku di SGI ini yakni menyelesaikan PTK. PTK itu singkatan dari Penelitian
Tindakan Kelas. Ilmu ini belum pernah kudapati sebelumnya yang berarti ilmu
baru dalam hidupku. Tidak hanya itu, perkuliahan “Mengenal Penelitian Tindakan
Kelas” yang disajikan langsung disampaikan oleh penulis bukunya sendiri, bapak
Wijaya Kusuma. Hati siapa yang tidak akan bangga kalo langsung diajar oleh
pakar yang ahli dibidangnya? Ditambah lagi oleh penulis karya yang slama ini
Cuma dinikmati bacaannya? Wah... keren abiz
dech :D
Inilah sedikit ilmu yang berhasil kuraup dari Om Jay hari ini. Simak yah... :)
Inilah sedikit ilmu yang berhasil kuraup dari Om Jay hari ini. Simak yah... :)
MENGENAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)
Alasan guru
takut melakukan PTK:
1. Guru kurang memahami profesi guru
2. Guru malas membaca
3. Guru malas menulis
4. Guru kurang sensitif terhadap waktu
5. Guru terjebak kedalam rutinitas kerja
6. Guru kurang kreatif dan inovatif
7. Guru malas meneliti
8. Guru kurang memahami PTK
Hakikat PTK
a. Menurut Carr dan Kemmis (1986):
Ø Praktik-praktik sosial atau pendidikan yang
dilakukan sendiri
Ø Pengertian mengenai praktik-praktik tersebut
Ø Situasi-situasi dimana praktik-praktik tersebut
dilaksanakan
b. Menurut McNiff (1992)
PTK adalah bentuk penelitian reflektif yang
dilakukan oleh guru sendiri yang hasilnya dapat dimanfaatkan sebagai alat untuk
pengembangan keahlian mengajar. PTK merupakan penelitian tentang, untuk dan
oleh masyarakat. Kelompok sasaran dengan memanfaatkan intraksi, partisipasi dan
kolaborasi antara peneliti dan kelompok sasaran.
Definisi PTK
PTK adalah
penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya dengan cara merencanakan,
melaksanakan dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partsipatif
dengan tujuan memperbaiki kinerjanya sebagai guru sehingga hasil belajar siswa
dapat meningkat.
Penelitian Tindakan VS Penelitian Formal
Penelitian
tindakan berbeda dari penelitian formal. Penelitian formal bertujuan menguji hipotesa
dan membangun teori yang bersifat umum (general). Penelitian tindakan lebih
bertujuan memperbaiki kinerja, sifatnya konstektual dan hasilnya tidak untuk
digeneralisasi.
Prinsip dasar PTK
1. Berkelanjutan
2. Integral
3. Ilmiah
4. Motivasi dari dalam
5. Lingkup masalah tidak dibatasi
Peran guru dalam PTK
Dalam PTK guru
harus bertindak sebagai pengajar sekaligus peneliti. Fokus penelitian berupa
kegiatan pembelajaran. Guru merupakan orang yang paling akrab dengan siswa
dikelasnya dan biasanya interaksi yang
terjadi antara guru dan siswa berlangsung secara unik. Guru mempunyai hak
otonomi untuk menilai sendiri kinerjanya. Metode paling utama adalah
merefleksikan diri dengan tetap mengikuti kaidah-kaidah penelitian yang sudah
baku dan bukan tradisional.
Manfaat PTK
1. Membantu guru memperbaiki mutu pembelajaran
2. Meningkatkan profesionalitas guru
3. Meningkatkan rasa percaya diri guru
4. Guru dapat mengembangkan pengetahuan dan
keterampilannya secara aktif.
5. Menumbuhkan kebiasaan menulis
6. Menumbuhkan budaya meneliti
7. Menggali ide baru
8. Melatih pemikiran ilmiah
9. Mengembangkan kualitas pembelajaran kelas
1. Mengembangkan keterampilan
Keunggulan PTK
1. Praktis dan relevan
2. Kerangka kerjanya teratur
3. Observasi dan objektif
4. Fleksibel dan adaptif
5. Inovasi pembelajaran
6. Pengembangan kurikulum
7. Meningkatkan profesionalisme
Tahapan perencanaan PTK
1. Perencanaan
2. Tindakan
3. Pengamatan
4. Refleksi
Langkah-langkah PTK
1. Adanya ide awal
2. Prasurvei/temuan awal
3. Diagnosa
4. Perencanaan
5. Implementasi tindakan
6. Pengamatan
7. Refleksi
8. Membuat laporan
Rambu-rambu penilaian proposal PTK:
a. Permasalahan
b. Kemampuan menyelesaikan masalah
c. Kemampuan hasil
d. Prosedur penelitian
e. Program kegiatan dan dukungan teknis
f.
Kerjasama antara
LPTK dan sekolah
g. Pembiayaan penelitian
Format PTK dari Depdiknas
1. Judul penelitian
Ø Komunikatif dan mudah dipahami.
Ø Membuat variabel penelitian
Ø Menjawab apa yang ingin ditingkatkan
Ø Bagaimana cara mencapai apa yang ingin ditingkatkan
Ø Sasaran dan lokasi tercermin dalam judul
Ø Banyak kata sekitar 15-20 kata
2. Bidang ilmu
3. Pendahuluan
4. Perumusan masalah
5. Cara pemecahan masalah
6. Tinjauan pustaka
7. Tujuan penelitian
8. Kontribusi hasil penelitian
9. Metode penelitian
1. Jadwal penelitian
11. Personalia penelitian
12. Lampiran
Validitas Penelitian
1. Validasi diri sendiri
2. Validasi oleh teman
3. Validasi oleh siswa
Faktor penentu keberhasilan PTK
1. Rencana
2. Tindakan
3. Observasi
4. Refleksi
Syarat keberhasilan PTK
1. Tekad, komitmen dan dedikasi
2. Tanggung jawab guru dan teman sejawat
3. Tindakan berdasar pengetahuan
4. Situasi dapat diubah
5. Pengajuan pertanyaan
6. Pemantauan sistematik
7. Penjabaran tindakan
8. Penjelasan tindakan
9. Penyajian laporan hasil PTK
1. Validasi pernyataan keberhasilan PTK
11. Pemahaman prosedur PTK
12. Penulisan karya tulis mengenai PTK
Berharap moga ilmu ini berkah. Amien... Syukron
jazakallah SGI-DD.
Leave a Comment