Materi Pelajaran Informatika Kelas 4 SD: Praktik Lintas Bidang (Lengkap dengan contoh soal) Bab 8 Semester 2

 


Materi Pelajaran Informatika Kelas 4 SD: Praktik Lintas Bidang


Kompetensi Dasar (KD):

Peserta didik diharapkan mampu:
8.1. Menjelaskan proses desain.
8.2. Menjelaskan tahap-tahap dalam proses desain.
8.3. Membuat rancangan karya untuk menyelesaikan masalah sehari-hari.
8.4. Menyajikan hasil rancangan karya yang telah dibuat.


1. Menjelaskan Proses Desain (KD 8.1)

Materi:
Proses desain adalah langkah-langkah yang dilakukan untuk merancang atau menciptakan suatu solusi terhadap sebuah masalah. Dalam kehidupan sehari-hari, desain digunakan untuk membuat produk yang bermanfaat.

Contoh:

  • Membuat poster untuk mengingatkan orang agar membuang sampah pada tempatnya.
  • Merancang sistem alarm sederhana untuk bangun pagi.

2. Menjelaskan Tahap-Tahap dalam Proses Desain (KD 8.2)

Materi:
Tahap-tahap proses desain meliputi:

  1. Identifikasi Masalah: Menentukan masalah yang ingin diselesaikan.
    • Contoh: "Bagaimana cara mengingatkan orang agar selalu membuang sampah pada tempatnya?"
  2. Ide atau Gagasan: Mengumpulkan ide-ide untuk menyelesaikan masalah.
    • Contoh: Membuat poster atau tempat sampah pintar dengan sensor.
  3. Perencanaan: Membuat rancangan solusi, seperti gambar atau sketsa.
    • Contoh: Menggambar desain poster dengan warna-warna menarik.
  4. Pembuatan Karya: Mengubah rancangan menjadi produk nyata.
    • Contoh: Membuat poster menggunakan komputer atau secara manual.
  5. Evaluasi dan Perbaikan: Memeriksa hasil karya dan memperbaikinya jika diperlukan.
    • Contoh: Menyesuaikan ukuran tulisan pada poster agar lebih mudah dibaca.
  6. Penyajian: Menampilkan atau menjelaskan hasil karya kepada orang lain.
    • Contoh: Menempelkan poster di tempat yang mudah terlihat.

3. Membuat Rancangan Karya untuk Menyelesaikan Masalah Sehari-Hari (KD 8.3)

Materi:
Rancangan karya adalah solusi visual atau fisik yang dirancang untuk menyelesaikan masalah tertentu.

Contoh Rancangan Karya:

  • Masalah: Banyak siswa lupa membawa botol minum ke sekolah.
  • Solusi: Membuat poster edukasi tentang pentingnya membawa botol minum.
  • Langkah Membuat Poster:
    1. Identifikasi pesan utama: “Bawa Botol Minum, Hemat dan Sehat.”
    2. Buat desain poster dengan warna menarik.
    3. Tambahkan ilustrasi botol minum dan siswa sehat.
    4. Cetak dan pasang di ruang kelas atau kantin.

4. Menyajikan Hasil Rancangan Karya yang Telah Dibuat (KD 8.4)

Materi:
Hasil rancangan karya yang telah selesai dibuat perlu disajikan atau dipresentasikan agar orang lain dapat memahami maksud dan tujuannya.

Cara Menyajikan Karya:

  1. Jelaskan masalah yang dihadapi.
  2. Tunjukkan hasil karya (poster, alat, atau media lain).
  3. Jelaskan cara karya tersebut membantu menyelesaikan masalah.
  4. Berikan waktu untuk menerima pertanyaan atau saran dari orang lain.

Contoh:

  • Guru meminta siswa untuk mempresentasikan poster edukasi mereka di depan kelas.

Contoh Soal dan Kunci Jawaban

Soal Pilihan Ganda:

  1. Apa langkah pertama dalam proses desain?
    a. Membuat rancangan karya
    b. Identifikasi masalah
    c. Pembuatan karya
    d. Penyajian karya

  2. Tahap evaluasi dan perbaikan dalam proses desain bertujuan untuk...
    a. Mengidentifikasi masalah
    b. Memperbaiki hasil karya agar lebih baik
    c. Menyajikan karya kepada orang lain
    d. Mengumpulkan ide atau gagasan

  3. Berikut adalah contoh rancangan karya untuk menyelesaikan masalah sehari-hari, kecuali:
    a. Poster tentang hemat listrik
    b. Tempat sampah otomatis
    c. Robot canggih untuk luar angkasa
    d. Infografis tentang makan sehat

  4. Apa yang harus dilakukan saat menyajikan hasil karya?
    a. Langsung menempelkan karya tanpa penjelasan
    b. Menjelaskan tujuan dan manfaat karya kepada orang lain
    c. Membuat karya tanpa evaluasi terlebih dahulu
    d. Mengubah karya tanpa izin kelompok

Kunci Jawaban:

  1. b. Identifikasi masalah
  2. b. Memperbaiki hasil karya agar lebih baik
  3. c. Robot canggih untuk luar angkasa
  4. b. Menjelaskan tujuan dan manfaat karya kepada orang lain

Soal Esai:

  1. Sebutkan enam tahap dalam proses desain dan berikan penjelasannya!
  2. Berikan contoh masalah sehari-hari dan cara menyelesaikannya menggunakan rancangan karya!
  3. Mengapa evaluasi penting dalam proses desain?
  4. Jelaskan bagaimana cara menyajikan hasil karya dengan baik!

Kunci Jawaban Esai:

  1. Tahapan dalam proses desain:
    • Identifikasi Masalah: Menentukan masalah yang akan diselesaikan.
    • Ide atau Gagasan: Mengumpulkan ide-ide kreatif.
    • Perencanaan: Membuat sketsa atau rancangan.
    • Pembuatan Karya: Mengubah rancangan menjadi karya nyata.
    • Evaluasi dan Perbaikan: Memeriksa hasil karya dan memperbaikinya.
    • Penyajian: Menampilkan karya kepada orang lain.
  2. Contoh Masalah: Banyak siswa lupa membawa buku pelajaran.
    Solusi: Membuat poster dengan pesan “Selalu Siapkan Buku Sebelum Tidur.”
  3. Evaluasi penting untuk memastikan karya sudah sesuai tujuan, menarik, dan bermanfaat bagi pengguna.
  4. Cara menyajikan karya: Jelaskan masalah, tunjukkan karya, jelaskan cara kerja atau manfaat karya, dan terima saran dari orang lain.

Kesimpulan:

Materi ini mengajarkan siswa untuk memahami dan menerapkan proses desain dalam menyelesaikan masalah sehari-hari. Dengan mengikuti tahap-tahap desain, siswa dapat menciptakan karya yang bermanfaat dan memahami pentingnya menyajikan hasil karya dengan baik.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.