Sabtu, 14 Maret 2015

Es Terangkat Sehelai Benang



Hahayyy..! Sobat Sains! Lama tak jumpa. Kini masanya kita mengurai rindu lewat sharing. Kali ini, Kid Scientist dari At-Taubah hendak menunjukan aksinya dalam eksperimen yang mereka namai "Keajaiban Sehelai Benang" (Wuih... keren betul kedengarannya, haha).

Mosok iso? Apa pula keajaibannya? Kek mana prosesnya? Kasih tau dunk!?

Tenang, Sob. Ini ta bagi infonya. But, siapin dulu nih alat en bahannya. Apa aja tuh?
1. Es batu (Boleh sebongkah, dua bongkah, berbongkah-bongkahpun tak apa, yang penting cuku p. Tapi, ingat ye bukan untuk es campur. Catet, BUKAN! hehehe)
2. Segelas air
3. Garam
4. Sehelai Benang

Hidangkan di meja masing-masing.
Siap..!?
Lampu...
Kamera...
Action..!

Taruh sebongkah es ke dalam segelas air dingin dan pastikan mengambang. Bisa juga, es batunya diletakan diatas piring (wadah lainnya), lalu digores semacam orang mau memotong es menggunakan benang.
Kemudian, serakkan garam secukupnya pada benang dan es tadi. Tunggu beberapa detik.
Sekarang, coba angkat es batu dari dalam gelas.

What hapepen?!
Ternyata, sehelai benang tadi merekat dan dapat mengangkat es batu.
Kok bisa ya...?

Bisalah!
Science akan menjabarkan. Dalam eksperimen ini, garam berfungsi sebagai zat untuk mencairkan es batu dan menyebabkan di permukaan es batu terdapat sedikit air. Air ini akan membeku kembali setelah sehelai benang di gantung di atas permukaan es batu. Air menjadi sebongkah es pada suhu 0 derajat . Dalam sacience disebut dengan titik beku air. Penambahan garam mampu memperlambat proses pembekuan air dan mencegah pembentukkan es.

Begitu Sob... Bagaimana, berselera mencobanya?

*Dari beragam sumber

0 komentar: