Selasa, 15 Agustus 2017

Tumbuh Cerdas



Pitih untuk ngedisplay udah meleleh. Bilik kelas yang masih kosong melompong siap buat didekorasi. Para siswa udah pada nggak sabaran pula untuk gunting-menggunting, robek-merobek, lem-mengelem, dan nempel-menempel. Apa yang hendak diperbuat kalo keadaannya udah begitu?

Okelah, guna memenuhi hajat semua pihak dengan mempertimbangkan pasal berkeadilan, maka dengan ini saya putuskan untuk membuat dan berbagi mengenai display kelas. Display Kelas dengan tema "Anggota Kelas" yang perdana tahun ini berjudul “Tumbuh Cerdas.” Display ini saya buat untuk siswa yang ada di kelas yang saya 'kendalikan.’ Berharap semoga para siswa di Kelas 6 Usamah bin Zaid tumbuh dan berkembang cerdas serupa sahabat Rasulullah tersebut. Well, langsung aja saya jabarkan mengenai tata cara pembuatannya. Cekidot…


Semula, siapkan alat dan bahan yang diperlukan. Apa aja?
 Gunting/ cutter
 Spidol
 Lakban
Double tip
 Lem
 Piring Styrofoam (round plate) (Ukurannya disesuaikan dengan hasrat masing-masing)
 Karton manila Kuning, merah, dan putih (warnanya sesuai selera)
 Kertas origami warna hijau, ungu dan merah (bisa jua pilih warna lainnya sesuai kehendak masing-masing)
 Foto siswa (termasuk foto gurunya ya)

Langkah pertama, buatlah background display menggunakan karton manila warna kuning dan merah. Boleh jua memanfaatkan background ‘bongkar pasang’ jikalau di kelasnya tersedia. Gunakan double tip, lakban, atau lemnya guna menempeli backround yang sudah jadi di dinding kelas.


Selanjutnya, guntinglah kertas origami hijau membentuk daun rerumputan; kertas origami ungu dan merah digunting membentuk kelopak bunga. Potongan kertas origami hijau yang telah membentuk dedaunan rumput tadi ditempel di bagian bawah background display. Sedangkan kertas origami ungu dan merah yang membentuk kelopak bunga ditempelkan memenuhi pinggir piring styrofoam.


Aturlah foto jpg dengan format bulat. Gunting hingga membentuk bulatan hingga pas dengan bulatan piring styrofoam. Foto yang telah digunting, selanjutnya ditempelkan di bagian tengah piring styrofoam. Lihatlah sekarang, koalisi kertas origami ungu/merah, foto, dan piring styrofoam menjelma wujud bunga nan cantik.


Bunga nan cantik itu lalu tempelkan di backround display yang telah bertengger di dinding. Bentuklah pola pagar dengan karton manila putih dan temple pula di bagian bawah backround display. Terakhir tempelkan pula anyaman abjad “Tumbuh Cerdas” di posisi pojok kanan atas. Setelah itu, TARAAAAA… wujudlah display kelasnya.



Bagaimana Sobat Guru? Mudah, Bukan?

Demikianlah classroom display “Tumbuh Cerdas-nya”, moga bermanfaat dan menginspirasi. Selamat mencoba ya sobat guru![]

*gambar bahan dan alat diambil dari berbagai sumber

0 komentar: