Rabu, 24 September 2014

Apa Pula Itu Hukum Archimedes?

Siswa At-Taubah Membuktikan Hukum Archimedes
Telur Mengapung, Melayang, dan Tenggelam


Sabtu, semangat belajar slalu!
Sapa yang bisa jalan diatas air?
Hmm... napa bengong?
Wiro Sableng aja bisa, haha. Itu boongan ya.

Tau laut Hitam ato Laut Mati? Nah, disana kita kan terapung meski tak pandai brenang, hihi.

Betulkah?

Simak nih, mentemen At-Taubah hendak berbagi elmu nih. Elmu kanuragan yang diwariskan dari Om Archimedes. Om ini yang mengeluarkan fatwa na mengenai massa jenis suatu zat. Yang dikenal dengan Hukum Archimedes. Paham?

Yuk kita buktiin. Siapin dulu tiga butir telur ayam, yang mentah yah. Tiga buah gelas, yang bisa tembus pandang, haha. Sendok, garam, dan air.

Tuangkan air sebanyak 3/4 kedalam gelas. Masukin sebutir telur dalam tiap gelas. Gelas pertama dikasih 3 sendok garam. Gelas dua 5 sendok garam. Gelas 3 tak usah ditaburi garam. Aduk air yang diseraki garam tadi. Lalu, tunggulah keajaiban apa yang kan datang!

Lihatlah, telur di gelas pertama akan melayang. Di gelas kedua telur mengapung. Sedangkan di gelas ketiga telur tak beranjak dari dasar gelas alias tenggelam.

Wow... keyen!
Kok bisa ya?

Ini ta jabarin. Bila massa jenis suatu benda lebih tinggi dibanding massa jenis air, maka benda tersebut akan tenggelam. Kalo massa jenis benda rendah ketimbang massa jenis air, maka benda akan mengapung. Jika massa jenis benda sama dengan massa jenis air, benda akan melayang. Itu bunyi hukum Archimedes lho mentemen.

Tapi kok penampakkan telur pada ketiga gelas tersebut beda? Padahal sama-sama berada dalam air?

Sama dalam air sih iya. Tapi, zat garamnya beda. Ingat perlakuan pertama kita tadi.

Garam berfungsi menaikan massa jenis air. Makin banyak kandungan garam, maka massa jenis benda rendah. Akibatnya benda akan terapung.
Hebat, bukan? Science mang keyen.
ada pertanyaan?
Kalo tak. Udahan dulu ya. Fun with science. Nantikan episode selanjutnya. Daaaa

0 komentar: