Minggu, 28 Oktober 2012

Analisa Artikel Pendidikan

Dalam dunia Pendidikan, seorang guru tidak hanya berperan guru sebagai pengajar, namun harus merangkap menjadi pendidik dan pemimpin.berikut definisi singkatnya:

1. Guru sebagai pengajar
Maksud guru sebagai pengajar adalah guru berperan mentransfer atau memberikan ilmu untuk anak didiknya, tanpa memperhatikan diterima atau tidaknya ilmu tersebut oleh muridnya, yang pasti sang guru telah memberikan ilmu.

2. Guru sebagai pendidik
Disini selain memberikan ilmu, guru juga turut memperhatikan efek dari ilmu yang diberikannya. Dalam hal ini melingkup afektif atau sikap dari anak didiknya.

3. Guru sebagai pemimpin
Lebih mencakup kesemua peran guru diatas, dimana guru berperan memberikan ilmu, memperhatikan afektif anak didik serta mengarahkan atau mempengaruhi siswanya sesuai “keinginan”sang guru.

Dalam artikel yang ditulis oleh bapak Asep Syafaat (direktur sekolah Guru Indonesia) di Republika Online dapat ditemukan beberapa contoh dari kesemua peran guru tersebut, yakni:

1. Peran guru sebagai pengajar tercantum pada paragraf ke-3, berbunyi “Ishaan merupakan korban dari Sistem Pendidikan Yang Egois...”
Sedangkan efek dari peran guru yang HANYA sebagai pengajar ditemukan dalam paragraf yang ke- 4, 5, 6, 8, dan paragraf ke-9 dari artikel pendidikan tersebut.

2. Peran Guru sebagai pendidik terlihat dalam peragraf pertama” ...Mulia bukan karena semata berprofesi sebagai guru, tapi justru karena perilakunya yang patut Digugu Dan Ditiru...” Pada paragraf ke-7 “ Totalitas Dan Kecintaan pada murid, kunci sukses seorang guru bisa menjadi sosok spesial di mata murid-murid...” dan efek dari peran guru sebagai pendidik ditemukan pada paragraf ke-16 dan 17.

3. Peran guru sebagai pemimpin tampak dalam paragraf dua dengan kata kuncinya yaitu “”...Kehidupannya Memberi Inspirasi serta Mampu Menyentuh kehidupan murid-muridnya... Mengubah Jalan Kehidupan Ishaan dari masa suram menjadi masa-masa yang membahagiakan.”

dan pada paragraf ke-23 “Itulah perasaan cinta sang guru, yang bisa Melakukan Apa Pun Yang Terbaik untuk muridnya. Dialah manusia pilihan, yang bersedia menjadi pijakan bagi Kesuksesan Dan Kebahagiaan murid-muridnya...”

Lalu dalam paragraf ke- 22 “... Kuatnya Ikatan Cinta yang melandasi hubungan di antara murid dengan guru...” merupakan akibat yang ditimbulkan oleh peran seorang guru sebagai pemimpin yang membuat terharu setiap orang yang melihatnya.

Itulah beberapa contoh dari peran guru yang didapati dalam artikel tersebut.

Artikel pendidikannya dapat dilihat disini

0 komentar: