Selasa, 10 Februari 2015

Jembatan Kertas




Apa yang akan terjadi bila selembar kertas menopang benda berat seperti botol minuman? Yap, itu botol pastinya akan roboh tersebab kertas yang tiada kuat menahan. Tapi, ada lho kertas yang dapat menopang dan menahan benda berat serupa botol minuman tadi. Bagaimana bisa ya?

Penasaran?

Kali ini Kid Scientist dari At-Taubah hendak unjuk aksi dalam eksperimen yang mereka namai JEMBATAN KERTAS. Cekidottt...

Sebelum aksi diperbuat, baiknya disiapin bahan dan alat berikut:
1. Kertas dua lembar
2. Botol minuman ato sebangsanya
3. Beberapa buku sebagai tiang jembatan

Ayo kita mulai!

Bentangkan kertas hingga menjadi jembatan diantara tumpukan buku yang kita bagi dua. Lalu taruh botol minuman atau sebangsanya diatas jembatan kertas tersebut. Upz! Botol jatuh. (Sedihnya...). Sekarang, lipatlah kertas seperti hendak membuat kipas. Bentangkan lagi kertas tersebut diantara tumpukan buku tadi yang kita buat sebagai tiang jembatan. Kemudian, coba letakan lagi botol tadi diatas jembatan kertas ini.

O em ji...!

Hebat! Jembatan kertas berlipat-lipat ini dapat menahan beban botol yang terisi air. Eh, kok bisa!?

Gini, lipatan kertas yang banyak membuat berat beban tersebar merata. Kekuatan kertas pun menjadi berlipat ganda. Omong-omong, pernahkah kamu melihat bagian dalam sebuah kardus? Ya, untuk menambah kekuatan kardus, di dasar kardus biasanya ditambahkan lembaran kertas yang bergelombang.

Udah tertunaikan penasaran mendasak dadanya, kan? Sekarang coba praktikan di habitat masing-masing. Jumpa lagi dengan percobaan unik lainnya cuma di At-Taubah Fun With Science. Daaa...

0 komentar: