Kamis, 16 Mei 2013

kan Guru Asal Ngajar


Judul               : Bukan Guru Asal Ngajar
Penulis             : Eko Nurhaji Purnomo
Penerbit           : Gava Media
Tahun              : 2012
Halaman          : Viii+116
Ukuran Buku  : 16 x 23 Cm
ISBN               : 978-602-7869-05-9

S
eorang guru sangat  mudah untuk ditemukan karena siapapun bisa menjadi guru. Namun, guru yang sungguh-sungguh untuk mengajar dan mendidik siswanya sangat sukar untuk didapati. Guru sebagai pendidik memang berat. Karena dia harus belajar terlebih dahulu sebelum mengajar siswanya, dia mesti mendidik diri dahulu sebelum mendidik peserta didiknya, dia harus mempersiapkan bekal yang matang agar ilmu yang disampaikannya dapat diterima oleh muridnya. Seorang guru akan menyesuaikan cara mengajarnya dengan gaya belajar siswa. Bila hal ini tidak dilakukan, maka tak heran jika banyak kita dapati guru yang asal ngajar.
            Eko Nurhaji Purnomo melalui buku “Bukan Guru Asal Ngajar” ini akan membawa kita pada paradigma baru dalam pembelajaran yang terintegrasi pada kegiatan praktek di lapangan. Buku yang dikemas secara apik dan diulas secara populer ini berisi teori singkat, fokus dan jelas. Terdiri atas 6 (enam) bab. Setiap bab-nya mengandung cara bagaimana mengaplikasikan teori-teori dalam kegiatan proses pembelajaran di kelas.
            Pada bab I diterangkan mengenai wawasan  baru, mengapa menjadi guru itu bahagia, di dalamnya juga digambarkan sosok guru yang berperan sebagai perancang lingkungan kelas layaknya surga untuk pembelajarnya.  Pada bab II berisi penjelasan bagaimana menerapkan motode dan media yang sesuai dengan beraneka ragam kecerdasan dan modalitas belajar yang dimiliki oleh siswa. Bab III menjelaskan tentang berbagai macam metode dan model pembelajaran. Pembaca diajak untuk memahami bagaimana menerapkan multi metode dalam model pembelajaran dengan mudah. Bab IV menguraikan bagaimana menerapkan teknik penilaian kelas yang berorientasi pada proses. Bab V berisi penjelasan bagaimana membuat lesson plan yang aplikatif. Terakhir, pada bab VI berisi berbagai model pembelajaran yang kreatif dan inovatif.
            Buku ini sangat cocok sekali di baca oleh guru karena berisi panduan singkat mengenai proses ajar- mengajar di dalam kelas yang menenangkan, kreatif dan inovatif. Apalagi buku  dengan 25 rujukan  ini juga dilengkapi dengan beberapa contoh dan panduan membuat lesson plan, sehingga pembaca segera dengan mudah menerapkannya dalam proses pembelajaran di kelas. ۩

0 komentar: