Kamis, 16 Mei 2013

Sekolahnya Manusia


Judul               : Sekolahnya Manusia
Penulis             : Munif Chatib
Penerbit           : Kaifa PT Mizan Pustaka
Tahun              : Cetakan XV, Juni 2012
Halaman          :XXIV +188
ISBN               : 978-979-1284-28-8

B
aik sekolah atau masyarakat umum beranggapan bahwa anak yang cerdas itu adalah yang memiliki nilai rapor yang tinggi, berhasil meraih peringkat pertama dalam kelasnya, yang masuk jurusan IPA atau masuk kelas akselerasi. Kecerdasan anak didik hanya dilihat dari satu penilaian saja, yakni segi kognitif dan mengesampingkan kecerdasan afektif dan psikomotorik yang dimiliki siswa. Sadar atau tidak penilaian seperti ini membunuh banyak potensi yang dimiliki para siswa.
Buku Sekolahnya Manusia ini hadir untuk merubah persepsi sekolah dan masyarakat tentang kecerdasan siswa. Siswa yang cerdas itu tidak hanya sisi kognitifnya saja, melainkan juga melingkupi aspek afektif dan psikomotorik. Lewat buku ini, Munif Chatib akan memberi jawaban bagaimana menggali kecerdasan anak sehingga menghasilkan kompetensi yang unggul. Terdiri atas lima bab. Bab pertama menceritakan tentang pengalaman dalam proses pembelajaran ketika seorang guru menemukan saat-saat yang berkesan dalam pekerjaannya. Penjelasan tentang teori multiple intelligences dijabarkan oleh Chatib dalam bab2. Pada bab 3 akan kita temukan indikator-indikator yang dimiliki oleh sekolah unggul sekaligus dilengkapi dengan alat riset yang disebut dengan MIR (Multiple Intelligences Research). Strategi pembelajaran dengan multiple intelligences (MI) diuraikan  dalam bab 4. Bab terakhirnya membahas proses akhir dari pembelajaran meliputi penilaian dan pelaporan.
Buku ini disajikan dengan bahasa yang sederhana, pemaparannya mudah, jelas dan ringan membuat pembaca menikmatinya bagai air mengalir. Buku bersampul kuning ini menarik untuk dibaca terutama bagi guru untuk mengetahui kecerdasan yang dimiliki oleh para peserta didik. Sehingga  guru dengan mudah dapat menyesuaikan gaya mengajarnya sesuai kecerdasan yang dimiliki oleh siswa. Selain itu, dengan membaca buku ini menjadikan guru semakin kreatif dengan lesson plan-nya. ۩

0 komentar: